Jurnalistik, Dari Benci Jadi Cinta


Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata jurnalistik? Menurutmu seorang jurnalis itu keren gak sih? Pasti banyak sekali pertanyaan dan pernyataan yang ada dipikiranmu saat ini. Jujur, waktu pertama kali aku masuk di jurusan KPI ini aku sama sekali nggak tertarik dengan salah satu mata kuliah ini, karena menurutku pada waktu itu yaa, kegiatan tulis menulis itu sangat membosankan. Bisa dibayangin gak sih, orang bisa duduk berjam-jam didepan laptop lalu harus memikirkan apa yang harus ditulis, belum lagi kalau otak gak bisa mikir pasti bakalan ribet tuh. Dulu cara berfikirku seperti itu, tapi akhirnya aku mencoba untuk melihat dari sisi yang berbeda.

Aku mengenal jurnalistik sebagai suatu aktivitas pencarian, pengolahan, penulisan, dan penyebarluasan informasi kepada publik lewat media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan dan jurnalis. Jurnalistik juga bisa dipandang sebagai bentuk keahlian(expertise) atau keterampilan(skill) menulis karya jurnalistik, berupa berita, artikel, dan feature. Hal ini termasuk keahlian pengumpulan bahan tulisan, seperti hasil liputan peristiwa(reportase) serta wawancara. lalu entah karena apa, aku mulai tertarik untuk mendalami lebih jauh tentang kegiatan ini.

Kegiatan yang dulu sangat tidak aku sukai, yaitu membaca buku, menulis, dan semua kegiatan yang berhubungan dengan jurnalis ini ternyata tidak seburuk yang aku kira, dengan menulis dan mencurahkan sesuatu bentuk pikiran ke dalam tulisan ternyata memiliki dampak positif yang secara personal aku rasakan. Mengutip dari Intermountain Healthcare, ternyata menulis membantu mengekspresikan emosi melalui kata-kata sehingga dapat membantu penyembuhan. Karena banyaknya kegiatan yang saat ini aku jalankan, tanpa sadar aku mengalihkan rasa tertekan tersebut dengan menulis, dimulai dari Cuma curahan hati yang ditulis di twitter privat sampai akhirnya aku mulai menulis disalah satu platfrom oren yang saat ini cukup banyak peminatnya.

Jurnalistik memang tidak melulu tentang menulis tapi dari pengalamanku sendiri, kegiatan seputar jurnalis yang bisa dicoba dengan mudah ya menulis, jadi bagi kalian yang mungkin sudah tertarik dengan salah satu kegiatan ini tapi tidak tahu harus mulai dari mana, mungkin bisa mencobanya setelah membaca artikel ini. sekiann


Komentar